Jumat, 10 Agustus 2012

Kebersihan Sekolah Untuk Kenyamanan Belajar

Kebersihan Sekolah Untuk Kenyamanan Belajar


- Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Namun, nampaknya kebersihan dipandang acuh tak acuh oleh beberapa kalangan. Akibatnya kuman-kuman penyakit semakin banyak bersarang dan kesehatan pun akan terancam terganggu.

Untuk itu perlu sebuah pendidikan kepada generasi muda untuk hidup bersih. Salah satunya melalui pendidikan di sekolah, khususnya di taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Pada masa-masa inilah untuk menanamkan pentingnya kebersihan, karena di masa ini biasanya segala bentuk pengajaran akan mudah diingat hingga dewasa nantinya. Kebersihan harus diterapkan untuk semua civitas akademika, mulai dari guru, siswa, sampai penjaga sekolah.

Sekolah juga tetap harus menerapkan sistem piket. Tugas utama sistem piket tentu saja membersihkan ruang kelas secara bergantian sesuai dengan jadwal masing-masing. Sistem piket dapat melatih siswa untuk bertanggung jawab, bekerja sama, dan berdisiplin. Rasa lelah yang dirasakan oleh para siswa akan menjadi sebuah pelajaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. Mereka akan berpikir ulang jika ingin membuang sampah sembarangan karena mereka juga merasakan betapa lelahnya membersihkan sampah-sampah yang berserakan. Selain itu, kebersihan diri juga sama pentingnya. Berpakaian yang rapi dan bersih tentu akan lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar